cover
Contact Name
Adriana Ria Dolewikou
Contact Email
adrianadolewikou09@gmail.com
Phone
+6285925022819
Journal Mail Official
adrianadolewikou09@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jl Cempaka putih Tengah 27
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal sistem informasi, Teknologi informasi dan komputer
ISSN : 20890265     EISSN : 25983016     DOI : E.jurnal.justit@ftumj.ac.id
Just IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer is an Open Access Journal published by Informatics Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Jakarta. The journal is a national journal (in Bahasa Indonesia) which published three times (since Vol 11) a year regularly, every September, January and May, and has been online since 2017.W
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 12 No 3 Tahun 2022" : 10 Documents clear
SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBISTE Zakky Hakim; Popy Meilina
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.32-37

Abstract

Selama ini sistem akademik di SMPIT Avicenna masih menggunakan metode konvensional, yakni setiap pengolahan data di catat dalam buku besar, yang sering kali mempersulit dalam proses pencarian data, selain itu membutuhkan tempat dan waktu yang lebih banyak. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan membuat sebuah sistem informasi akademik di SMPIT Avicenna. Sistem informasi Akademik terdiri dari 6 aktor yaitu guru, siswa, kurikulum, kepala sekolah, admin serta tata usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Sistem Informasi Akademik yang mampu mengatasi kelemahan-kelemahan dari sistem yang sedang dipakai saat ini, agar bermanfaat Untuk membantu para aktor SMPIT Avicenna dalam pengolahan data dalam waktu yang relatif lebih singkat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggumpulkan data baik melalui wawancara maupun observasi. Sistem informasi akademik berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan basis data MySql. Diharapkan Sistem ini dapat membantu memudahkan kinerja para aktor pada SMPIT Avicenna.Kata Kunci : Akademik, Sistem informasi Akademik, SDLC, Waterfall, Blakbox Testing
PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PENGELOMPOKAN PELANGGAN BERDASARKAN KUBIKASI AIR TERJUAL MENGGUNAKAN WEKA Ayu Pangestu; Taufik Ridwan
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.67-71

Abstract

Air merupakan komponen penting bagi pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang bersumber dari sungai, bendungan, sumur buatan, PDAM, dan sebagainya. PAM Kerta Raharja merupakan salah satu perusahaan air yang dikelola oleh pemerintahan desa. Permasalahan yang muncul pada penggunaan air yaitu adanya ketidaklancaran air yang mengalir pada rumah warga yang berada di dataran tinggi. Beberapa penelitian yang berkaitan dengan pengolahan data penggunaan air pada perusahaan pengairan menggunakan data mining metode clustering. Penelitian-penelitian tersebut menggunakan algortma yang sama yaitu K-Means tetapi dengan alat yang berbeda. Pada penelitian ini akan melakukan pengelompokan penggunaan air berdasarkan kubikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan informasi mengenai kelompok pengguna air berdasarkan data penjualan air di PAM Kerta Raharja. Metode yang digunakna pada penelitian ini yaitu menggunakan K-Means. Data yang telah diolah menggunakan aplikasi Weka akan mengelompokkan data dengan kategori hemat, sedang, dan boros. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu PAM Kerta Raharja untuk menindaklanjuti penggunaan pelanggan yang boros dan mengatasi kelancaran air yang mengalir bagi para warga.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PADA BIDAN PRAKTEK SWASTA BERBASIS WEBSITE Muhamad Galih Ramadan; Muhamad Hamdani; Shintya Selma; Ardiansyah Dores
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.1-7

Abstract

Kualitas dalam pelayanan kesehatan sangat perlu ditingkatkan, baik dari segi sistem informasi Bidan Praktek Swasta, Sistem Pencatatannya, Sistem Penunjangan, Sistem pendukung pelayanan kesehatan. Dalam sistem administrasi pelayanan kesehatan dapat dilakukan proses pendataan bagi pasien yang berkunjung dengan melakukan pencatatan yang meliputi aktivitas pasien dan dokumen yang berisi riwayat pasien yang berkunjung. Analisis kebutuhan data yang berkaitan dengan Bidan Praktek Swasta. Perangkat lunak dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP My Admin, MySql. Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk mengetahui sistem yang berjalan dalam proses pendataan pasien dan stok obat di Bidan Praktek Swasta “Diana Rosa, S.ST” sebelum adanya rancangan suatu sistem yang terkomputerisasi, sehingga dapat dibangun suatu sistem informasi pencatatan dan laporan menggunakan metode PIECE berbasis website pada Bidan Praktek Swasta serta menggunakan UML (Unified Modeling Lenguage) untuk pemodelan sistem. Dimana sistem tersebut dapat digunakan untuk mempermudah pihak admin Bidan Praktek Swasta dalam pencatatan dan laporan yang berkunjung dalam skala cukup besar.
RANCANG BANGUN SMART SYSTEM PADA KANDANG AYAM MENGUNAKAN MIKROKONTROLER Alia Hurul Aini; Yuliarman Saragih; Rahmat Hidayat
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.38-46

Abstract

Pada penelitian ini merancang sebuah alat yang digunakan untuk membantu para peternak ayam untuk kelangsungan kesehariannya dalam berternak dan mengatasi masalah yang ada seperti heat stress pada ayam. Konsep penelitian yang dibuat dengan menggunakan dua buah sistem yaitu sistem IoT dan otomatis. Sistem otomatis terdiri dari sistem otomatis menjaga kualitas udara supaya tetap ideal dan sistem pakan otomatis. Alasan sistem yang dirancang dipisahkan menjadi beberapa bagian karena untuk menghindari intervensi sinyal yang dapat mengakibatkan delay apabila disatukan dalam satu sistem pada satu mikrokontroler. Pada sistem IoT menggunakan fitur bot API telegram dengan tujuan untuk kontrol dan monitoring pada sensor dan alat keluaran.  Kedua sistem diuji coba dengan melihat pengaruh nilai baca sensor dan alat keluaran untuk mencapai harapan yang diinginkan. Cara menggunakan alat ini cukuplah mudah, alat bisa dikontrol dan monitoring untuk melihat serta membaca nilai sensor dengan jarak jauh menggunakan internet melalui bot telegram, cara ini merupakan implementasi dari sistem IoT. Untuk menggunakan sistem otomatis cukup menyalakan sistem tersebut maka sistem tersebut bekerja secara kontinu atau terus menerus.
ANALISA PENJUALAN VIDEO GAME MENGGUNAKAN METODE ENSEMBLE Hiu Adam Abdullah; Denny Risky Delis Putra; Yufis Azhar
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.8-16

Abstract

Penjualan video game merupakan salah satu cara developer mendapatkan keuntungan dari kerjanya, disaat sekarang ini penjualan video game sudah sangat cepat hingga memerlukan data yang valid bagi para developer untuk dapat mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu pentingnya menganalisa data. Dalam hal ini, penjualan di setiap negara dijadikan sebagai patokan penelitian, karena informasi itu sangat penting untuk mendapatkan hasil analisa dari penjualan game untuk kedepannya. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah para developer game dalam penjualan untuk mencapai keuntungan maksimal. Tujuan penelitian tersebut dihasilkan kegunaan yang terdiri dari keuntungan praktis dan keuntungan maksimal dari penjualan game tersebut. Dan dalam penelitian ini juga menggunakan metode ensemble untuk mencari estimasi harga penjualan video game. Penelitian ini dilakukan agar dapat memberikan kemudahan dalam penjualan video game dan penjualan tersebut dalam memberikan keuntungan yang maksimal kepada developer. Yang nantinya dapat diketahui dari perbandingan yang akan menampilkan nilai dengan akurasi estimasi mana yang lebih baik. Metode yang menggunakan metode ensembling dapat meningkatkan akurasi hingga sebesar 0.8% dari metode biasa.
PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA E-COMMERCE XYZ BERBASIS MOBILE Muhammad Fathi Azzumar; Evy Nurmiati
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.47-54

Abstract

Perkembangan digital sosial dan teknologi pada zaman modern ini sudah sangat berkembang dengan cepat dalam bidang apapun, khususnya dalam bidang industri yaitu E-commerce. Dengan adanya E-commerce maka pelanggan dapat memanfaatkan teknologi melalui internet sehingga pembeli dapat mudah membeli barang secara online. Pada zaman ini, sangat dibutuhkan Knowledge Management System (KMS) berbasis teknologi yang akan membantu dalam suatu perusahaan maupun suatu industri. Pada bidang E-commerce, KMS dapat digunakan sebagai peningkatan kinerja layanan kepada pelanggan atau yang disebut Customer Service, maka dibutuhkan workshop design aplikasi yang dapat membantu pelanggan untuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi pelanggan saat berbelanja. Tujuan dari penelitian ini merancang workshop design sebuah Knowledge Management System (KMS) pada perusahaan E-commerce berbasis mobile. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah menggunakan SDLC Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan Workshop design Knowledge Management System berbasis mobile pada e-commerce XYZ. Perancangan Workshop design service center ini memudahkan para pelanggan untuk bertanya mengenai produk yang dijual, sehingga pelanggan bisa memesan dengan tenang sesuai deskripsi produk yang tertera.
PERANCANGAN GAME GUNTING-BATU-KERTAS BERBASIS WEB Rully Mujiastuti; Dafin Nouval Arief
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.17-26

Abstract

Game merupakan permainan terstruktur yang memiliki tujuan yang harus dicapai oleh pemainnya. Game dibuat sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan kejenuhan dan juga dapat dibuat sebagai sarana pendidikan. Game gunting batu kertas kerap dimainkan oleh anak-anak laki-laki maupun perempuan sebagai permainan untuk bersenang-senang. Permainan ini biasa digunakan untuk menentukan pemenang antara kedua belah pihak yang berbeda tujuan, dimana pemenang berhak mendapatkan apa yang dia inginkan dan pihak yang kalah mendapatkan risikonya. Saat ini sudah banyak game yang dapat dimainkan dengan online secara mudah, kurangnya popular game gunting batu kertas pada generasi sekarang karena tidak dapat dilakukan secara online. Oleh karenanya, pada kerja praktek kali ini dilakukanlah perancangan game gunting batu kertas berbasis web, dimana perancangan ini digambarkan dengan Hierarchy Input Proses Output (HIPO) dan Unified Modelling Language (UML) dan keluaran berupa desain User interface.
KLASIFIKASI TUMOR OTAK MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK DENGAN ARSITEKTUR EFFICIENTNET-B3 Rachmad Andre Ramadhani; Baghas Wahyu Pangestu; Rani Purbaningtyas
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.55-59

Abstract

Tumor otak merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak normal pada jaringan otak. Salah satu cara yang dapat dilakukan dokter dalam pendeteksian tumor otak yaitu pengamatan langsung dengan diagnosis secara manual yang memiliki resiko terjadinya kesalahan. Perkembangan kecerdasan buatan terhadap computer vision saat ini sudah diterapkan dalam klasifikasi citra pada bidang kesehatan. Penelitian ini melakukan klasifikasi citra tumor otak menggunakan deep learning, khususnya metode Convolutional Neural Network (CNN) dengan arsitektur EfficientNet-B3 serta melakukan hyper-parameter optimization untuk membangun model terbaik yang diterapkan dalam bentuk sistem. Dataset yang digunakan berjumlah 2875 gambar dengan kelas glioma dan meningioma yang diperoleh dari kaggle. Pengujian dilakukan dengan beberapa skenario dari learning rate serta kombinasi dari jumlah neuron pada dense layer. Hasil dari pengujian model dengan confusion matrix, mendapatkan akurasi tertinggi pada eksperimen dengan skenario learning rate 0.02 dan neuron pada dense layer berjumlah 256 yang menghasilkan akurasi mencapai 99.7% dan mendapatkan nilai F1-Score tertinggi mencapai 99.6%. Penerapan model terbaik yang dirancang dalam bentuk sistem berhasil melakukan prediksi terhadap jenis tumor glioma,  meningioma, dan pitutary
ANALISIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI LAUNDRY BERBASIS WEB Fiqih Ismawan; Abdurahman Abdurahman
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.27-31

Abstract

The proliferation of laundry services lately has been found in every corner of the city even to get to the village, the number of laundry services nowadays is due to the desire of people to look for instant and fast washing clothes and become a necessity. The services offered are very diverse, ranging from those using the package system, to using the kilo system even unit services. Various attractive offers are provided by laundry businesses to attract consumers. Most laundry services are home-based businesses, so the management is done manually and have not used a computerized system from the transaction to the process of taking clothes that are washed, where each consumer comes to the reception section. others are still handwritten. This is certainly not practical, because it takes a lot of time and the loss of the note which results in inefficient transaction systems in the laundry. This study aims to help laundry services in developing their business and creating efficiency in dealing with customers. The method that will be used is the prototyping method in implementing and building system applications with the help of PHP MySQL software. The results of this research are localhost web-based laundry administration information system application.
IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PEMILIHAN APLIKASI CHATTING UNTUK GRUP BELAJAR ONLINE Rama Putra Mahendri; Nur Addina; Raihan Al Afif Muyassar; Ramona Ramona
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 12 No 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.12.3.60-66

Abstract

Teknologi digital pada awalnya hanya dianggap sebagai hal yang sepele,tidak penting namun menjadi sangat dibutuhkan ketika pandemi COVID-19 merebak. Selama pandemi COVID-19, pemanfaatan aplikasi obrolan daring atau chatting pada perangkat mobile dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Developer terus melakukan inovasi terbaru untuk mengembangkan aplikasi chatting demi meningkatkan produktifitas penggunanya. Hingga saat ini terdapat layanan aplikasi chatting yang sangat populer ditengah masyarakat umum yaitu Whatsapp, Telegram, dan LINE. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui preferensi para pengguna perangkat mobile ketika memilih aplikasi chatting yang dimanfaatkan sebagai sarana grup belajar online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan kriteria yang digunakan yaitu kecepatan akses aplikasi, fitur yang dimiliki, kemudahan pemakaian, dan kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian ini bahwasanya metode Analytical Hierarchy Process (AHP) mampu untuk merekomendasikan pemilihan aplikasi chatting sebagai sarana grup belajar online. Digital technology was initially only considered as a trivial thing, not important but became very much needed when the COVID-19 pandemic spread out. During the COVID-19 pandemic, the use of online chat applications or chat on mobile devices can be used to assist the learning process. Developers continue to make the latest innovations to develop chat applications to increase user productivity. Nowadays, there are chat application services that are very popular among the general public, namely Whatsapp, Telegram, and LINE. The purpose of this research is to find out the preferences of mobile device users when choosing a chat application that is used as a means of online study grups. The research method used is the Analytical Hierarchy Process (AHP) method with the criteria used are application access speed, features, ease of use, and user satisfaction. The result of this research is that the Analytical Hierarchy Process (AHP) method can recommend the selection of chat applications as a means of online study grups.

Page 1 of 1 | Total Record : 10